Bagaimana Cara kerja Website?

  • Whatsapp

Bagaimana Cara kerja Website. Kita sering mengunjungi sebuah website dengan berbagai keperluan seperti membaca berita atau mencari informasi bermanfaat seperti blog edikomputer ini. Lalu Pernahkan terbesit di pikiran kalian gimana sih website ini bisa berjalan secara online? atau gimana sih kok bisa muncul di google pencarian. Nah disini lita akan membahas bagaimana cara kerja sebuah website sehingga bisa di akses semua orang.

Mengapa saya perlu membahas hal ini karena ini adalah pengetahuan dasar ketika kamu mau terjun di dunia pemrograman website. Setelah kamu tau ini baru nanti lanjut ke tahap berikutnya yaitu merancang sebuah halaman website.

Read More

Bagaimana Cara kerja Website

Sebuah Website dapat bekertja jika ada 2 hal yaitu klien dan Server udah itu aja, selanjutnyaKlien dan server harus memiliki beberapa hal agar dapat berjalan. Nah kita akan bahas lebih detail ya

Klien dan Server

Klien : Merupakan pengguna web yang terhubung dengan jaringan Internet yang akan mengakses sebuah web contoh saat mau mencari di google menggunakan komputer atau smartphone menggunakan browser chrome atau mozilla, maka kamu di sebut dengan klien yang melakukan request sebuah halaman web.

Server : Merupakan Komputer yang menyimpan halaman web, atau aplikasi. Jadi server merupakan direktori yang menyimpan file-file yang kita buat. Seperti file Text, Gambar, Video dll.

Cara kerja Klien dan Server

Bagaimana Cara kerja Website

Diagram di atas menunjukan bagaimana sebuah website bekerja saya akan buat simulasi bagaimana sebuah website bekerja. Ketika klien merequest sesuatu maka server akan merespon dengan memberikan apa yang di minta oleh klien sehingga klien bisa melihat, apa yang diminta.

Saya akan anogikan secara sederhana saat saya masuk restoran maka saya adalah klien dan pelayan adalah jaringan internet dan dapur restoran adalah server koki adalah file yang mengolah data. Saat saya memesan nasi goreng maka pelayan akan menuju ke dapur dan memberikan pesanan saya kepada koki yang memasak nasi goreng, maka koki akan memasak nasi goreng lalau memberikannya lagi kepada pelayan dan mengantarkannya kepada saya dan saya bisa menikmati nasi goreng tersebut 🙂 .

sebuah Website bisa diakses ketika memiliki beberapa hal berikut ini :

  • Koneksi Internet : Jika kamu ingin mengakses sebuah website kamu harus memiliki koneksi internet.
  • TCP/IP : Transmission Control Protocol dan Internet Protocol merupakan protokol komunikasi yang menjelaskan bagaiman data harus berjalan di web
  • DNS : Domain Name System seperti halnya buku alamat untuk website. Ketika anda menuliskan alamat web di browser, browser melihat DNS sebelum mengambil halaman web di website. Browser perlu mencari tahu di server mana website berada, sehingga bisa mengirimkan pesan HTTP ke tempat yang benar.
  • HTTP : Hypertext Transfer Protocol merupakan protocol aplikasi yang menjelaskan bahasa untuk klien dan server untuk saling berkomunikasi.
  • File-file : Seuah website dibuat dari banyak file, File ini di bagi menjadi dua jenis: File Code, Ada banyak file code yang bisa di gunakan untuk membuat websiet namun yang banyak digunakan adalah file HTML, CSS, dan JavaScript, selain itu juga bisa di dukung dengan file dengan teknologi lainnya seperti php, java, phyton, C dll.
  • Aset : Merupakan sekumpulan nama untuk bahan pembuat website, seperti gambar, musik, video, Word document, dan PDF.

Dari uraian diatas mungkin kamu sekarang jadi lebih paham bagaimana sebuah website itu bekerja. Nah nanti kita akan lanjut ke artikel selanjutnya yang masih berhubungan dengan pengetahuan dasar dari sebuah website. Oke sampai ketemu lagi di Artikel selanjutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *