Cara Install Codeigniter di Server Local

  • Whatsapp
cara Install Codeigniter

Cara Install Codeigniter, Halo semuanya kembali lagi kali ini edikomputer akan melanjutkan tahap tutorial membuat web menggunakan framework codeigniter kalau kalian belum tau tentang codeigniter silahkan baca dulu di artikel saya sebelum nya Tutorial Membuat Web atau blog dengan framework Codeigniter.

Nah di sesi kali ini kita akan membahas setup dan instalasi codeigniter yang akan kita bangun menjadi sebuah web atau blog. Namun sebelum itu pastikan kalian sudah punya server local, karena kita akan membangun web ini menggunakan sever local sebelum kita publish di server online. Disini saya menggunakan aplikasi xampp sebagai server local kalian bisa gunakan aplikasi lain seperti wamp server, lamp dll. Oke disini saya anggap kita sudah paham tentang server local kalau kalian mau sama sama bisa pakai xampp versi terbaru ya.

Read More

cara Install Codeigniter

Pertama kita download terlebih dahulu Framework Codeigniter di website resminya yaitu codeigniter.com lalu pilih download pada tutorial kita ini versi terakhir adalah versi 3.1.11, mungkin saat ini sudah beda versi ya, tapi nggak papa, caranya kurang lebih masih sama.

Setelah kalian download lalu extrack file rarnya letakan hasil extrack di directory C:xampphtdocs lalu rename menjadi nama projek kalian, disini saya beri nama “belajarweb”.

cara Install Codeigniter

Nah sekarang buka browser lalu ketik http://localhost/belajarweb maka tampilannya akan seperti di bawah ini

cara Install Codeigniter

Oke disini kita sudah bisa mengakses web kita melalui server local namun masih kosong karena kita belum membuat apapun pada framework kita ini oke sampai disini artikel kita tentang Cara Install Codeigniter, Nanti kita lanjut lagi ke tahap berikutnya yaitu tentang pembuatan struktur database untuk web kita.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *