Codeigniter 4, Apa saja perubahannya

  • Whatsapp

Codeigniter 4 sebenarnya sudah rilis 24 Februari lalu. Kemudian perbedaannya apa aja sih dari versi sebelumnya. 5 Tahun sudah codeigniter 3 berjalan dan dalam waktu itu pula codeigniter melakuan update versi. Untuk update versi terbaru ini juga ada perubahan besar besaran tentunya.

Nah Apa saja sih perubahan yang ada di versi 4 ini, sehingga sangat berbeda sekali ketika kita menengok ke belakang untuk codeigniter versi sebelumnya.

Read More

Codeigniter 4, Ini dia Yang terbaru

Instalasi

Codeigniter memberikan opsi instalasi manual dan instalasi menggunakan composer. Untuk Instalasi Manual caranya masih sama sengan versi 3 kamu tinggal download lalu extrak hasil dowanloadnya ke web server local, kamu bisa kunjungi situs resmi codeigniter. lalu Ada Instalasi melalui composer nah kalau yg ini di vesri sebelumnya tidak ada, sekarang kamu bisa install codeigniter menggunakan composer. Untuk penggunaan composer akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Struktur Folder

Struktur Folder codeigniter 3 dan 4 sangat berbeda kini di codeigniter 4 ada penambahan folder public dan writable. Untuk folder Application kini di ringkas menjadi App dan untuk folder system masih sama tapi mungkin Isinya yang berbeda.

Codeigniter 4

Local Server Development

di versi 4 kamu bisa menjalankan projek kamu tanpa harus meletakan projeknya di server local, jadi kamu bisa simpan projek di mana saja kemudian kamu tinggal jalankan perintah spark serve maka kamu langsung bisa akses http://localhost:8080/ di browser kamu. tentu ini merupakan suatu kemajuan untuk codeigniter dimana pada versi sebelumnya tidak ada fitur ini

Minimum php Version

Codeigniter 4 memiliki minimum versi php yaitu versi 7.2 jika versi php kamu masih menggunakan dibawah 7.2 kamu harus updadate php kamu. Atau kalau kamu bingung kamu bisa Install Xampp terbaru. Untuk mengecek versi php di komputer atau laptop kamu ketik php –version pada terminal.

File .ENV

Di versi ini Codeigniter sudah memiliki file .ENV yang bisa kita gunakan untuk konfigurasi database dan base url.

Fitur Rest

Jila kamu ingin membuat RESTful di CI4 sudah di sediakan fitur ini untuk membuat api jadi kamu tidak perlu repot lagi tinggal kamu pakai saja fiturnya.

Oke mungkin itu saja beberapa hal terbaru yang cukup mencolok di CI 4. sebenarnya masih ada banyak sekali perubahan yang ada pada CI 4 ini. Silahkan tuliskan di kotak komentar jika kalian mau menambahkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment